Yenni Yunartin, 1523025005 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERRPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2540Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1228Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis discovery learning pada materi zat aditif dan zat adiktif yang valid, praktis dan efektif untuk me-num¬¬buhkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Metode peneliti¬an yang digunakan adalah metode penelitian dan pe¬ngembangan (Research and Development/R&D) yang diadopsi dari Borg & Gall (2003). Hasil uji coba bahwa LKS berbasis discovery learning pada pokok bahasan zat aditif dan adik-tif dinyatakan valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli yang kategori sangat tinggi oleh ahli konstruk dan desain, kategori tinggi oleh ahli isi materi. LKS hasil pengem¬bangan dinyatakan praktis. Hal ini dapat terli¬hat dari penilaian guru dan respon siswa terhadap LKS yang berkategori sangat tinggi, respon positif siswa setelah menggunakan LKS pada pembelajaran serta keterlaksanaan LKS yang berkategori tinggi. LKS hasil pe¬ngembangan dinyata¬kan efektif. Hal ini dilihat dari mening¬katnya keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dengan rata-rata n-Gain pada keteram¬pil¬an berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (eksperimen = 0,48; kontrol = 0,26), adapun n-Gain pada sikap ilmiah siswa kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (Eksperimen= 0,39; kontrol = 0,26). Peningkatan ini didukung de-ngan aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan LKS berbasis discovery learning. Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah ABSTRACT This study aims to produce LKS based discovery learning on additives and addictive substances that are valid, practical and effective to nurture critical thinking skills and students' scientific attitude. The research method used is the Research and Development (R & D) method adopted from Borg & Gall (2003). ). The trial results that LKS based discovery learning on the subject of additive and adik tif are declared valid. This can be seen from the results of expert validation of a very high category by the expert construct and design, high category by content material experts. LKS of development is considered practical. This can be seen from the teacher's assessment and the student's response to the LKS which is categorized as very high, the students' positive response after using the LKS on the learning as well as the implementation of the high categorized LKS. LKS result of development is effective. This is seen from meningkatkatnya skills of critical thinking and students' scientific attitude with average n-Gain on the critical skills critical thinking experimental class Higher than control class (experiments = 0.48, control = 0.26), while n-Gain in scientific attitude of experiment class student is also higher than control class (Experiment = 0,39; control = 0,26). This improvement is supported by student learning activities on the use of discovery learning based LKS. Kata kunci : discovery learning, Critical Thinking Skills And Students Scientific Attitude
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 13840584 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Aug 2017 02:44 |
Terakhir diubah: | 19 Aug 2017 02:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27988 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |