PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS

VERLIA SANTI , 1313023085 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (971Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (770Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding untuk meningkatkan efikasi diri dan pengu-asaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bandarlampung menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas X MIA I sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dan kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding. Besarnya pengaruh strategi scaffolding efikasi diri dan penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan uji-t n-Gain dan effect size setelah diterapkan masing-masing model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian uji-t pada n-gain menunjukkan bahwa rata-rata n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa 98 % peningkatan efikasi diri dan 96 % peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh model pembel¬ajar¬an SiMaYang dengan strategi scaffolding. Berdasarkan hal tersebut, dapat di-simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Kata kunci: scaffolding, model pembelajaran SiMaYang, efikasi diri, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 58121683 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:28
Terakhir diubah: 23 Aug 2017 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir