PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS

VERLIA SANTI , 1313023085 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (770Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding untuk meningkatkan efikasi diri dan pengu-asaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bandarlampung menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas X MIA I sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dan kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding. Besarnya pengaruh strategi scaffolding efikasi diri dan penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan uji-t n-Gain dan effect size setelah diterapkan masing-masing model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian uji-t pada n-gain menunjukkan bahwa rata-rata n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa 98 % peningkatan efikasi diri dan 96 % peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh model pembel¬ajar¬an SiMaYang dengan strategi scaffolding. Berdasarkan hal tersebut, dapat di-simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Kata kunci: scaffolding, model pembelajaran SiMaYang, efikasi diri, penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 58121683 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:28
Last Modified: 23 Aug 2017 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28067

Actions (login required)

View Item View Item