PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

SitiSuroyalmilah, 1313023077 (2017) PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1862Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1528Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhstrategiscaffolding dalammodel pembelajaranSiMaYanguntukmeningkatankemampuanmetakog-nisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Populasidalampeneliti-an iniadalahseluruhsiswakelas X MIASMA Negeri10Bandarlampung.Pemi-lihansampeldilakukandengancaracluster random samplingsehinggadiperolehkelasX MIA 3sebagaikelaskontrol yang diterapkan model pembelajaranSiMaYangdankelas X MIA 6sebagaikelaseksperimenyangditerapkanstrategiscaffolding dengan model pembelajaranSiMaYang. Metodepenelitianiniadalahkuasieksperimendenganpretestpostestcontrol group design. Pengaruhstra-tegiscaffolding dalam modelpembelajaranSiMaYangdiukurberdasarkanuji-tn-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepsiswasertaujieffect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimen rata-rata n-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “tinggi”, sementarapadakelaskontroln-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “sedang”. Pembelajaranstrategiscaffoldingdalam model SiMaYangmemilikipengaruhdengankategori“besar” dalammening-katkankemampuanmetakognisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Padakelaseksperimen97%peningkatankemampuanmetakognisidan98% peningkatanpenguasaankonsepsiswahanyadipengaruhiolehstrategiscaffolding dalam model pembelajaranSiMaYang. Katakunci :metakognisi, penguasaankonsep, scaffolding, SiMaYang.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 15400027 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:14
Last Modified: 23 Aug 2017 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28070

Actions (login required)

View Item View Item