PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARDAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADAMATERI REAKSI REDOKS

Ni Made Ratna Sari, 1313023055 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARDAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADAMATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1716Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1503Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen denganpretest-posttest control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini di lakukan dengan meng¬gunakan teknik cluster randomsampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 10 Bandarlampung kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi scaffolding dalam model pem-belajaran SiMaYang dan kelas X MIA 4 yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang. Pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang ditentukan dengan uji-t pada n-gaindan uji effect sizemotivasi belajar dan pengu-asaan konsep. Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh kesimpulan bahwa strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang memberikan pengaruh dengan efek “besar” untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks dengan rata-rata n-gain motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria “tinggi”. Pada kelas eksperimen 97%peningkatan motivasi belajar dan 98% peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang. Kata kunci:model pembelajaran SiMaYang, motivasi belajar, penguasaan konsep, strategi scaffolding.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 28845197 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:12
Last Modified: 23 Aug 2017 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28071

Actions (login required)

View Item View Item