INDEKS STOMATA, KANDUNGAN KLOROFIL DAN KARBOHIDRAT TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) F1 HASIL INDUKSI MEDAN MAGNET YANG DIINFEKSI Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici

NASYIATUL HIMMAH, 1317021054 (2017) INDEKS STOMATA, KANDUNGAN KLOROFIL DAN KARBOHIDRAT TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) F1 HASIL INDUKSI MEDAN MAGNET YANG DIINFEKSI Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1744Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1639Kb) | Preview

Abstrak

Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki prospek pengembangan cerah dengan nilai ekonomi tinggi karena pemanfaatannya yang luas di masyarakat. Masalah yang sering dihadapi dalam budidaya tanaman tomat di Indonesia adalah serangan jamur Fusarium oxysporum. Jamur ini menyebabkan penyakit layu Fusarium. Medan magnet diketahui dapat meningkatkan metabolisme tanaman. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa meskipun benih tomat diinfeksi dengan Fusarium oxysporum (Fox) dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan dan produksi tanaman. Akan tetapi adanya perlakuan pemaparan medan magnet 0,2 mT menyebabkan penurunan tersebut tidak berbeda nyata dibandingkkan dengan kontrol. Tujuan penelitian ini untuk melihat ketahanan tanaman tomat berdasarkan indeks stomata, kandungan klorofil dan karbohidrat pada tanaman tomat F1yang diinfeksi kembali dengan Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici (Fol). Penelitian disusun secara faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 2 faktor yaitu faktor pertama sumber benih yang digunakan dari generasi filial (F1) tanaman tomat yang berasal dari benih parental yang terdiri dari (M0F0, M0F60, M7F0, M7F60, M11F0, M11F60, M15F0, M15F60) dan faktor kedua yaitu perendaman larutan suspensi Fol selama 0’ dan 60’. Berdasarkan analisis Anara dan uji Fisher α=5% parameter yang diuji menunjukkan ketahanan tanaman tomat terhadap infeksi Fusarium oxysporum (Fox) yang benihnya dipapar medan magnet dapat menghasilkan benih F1 yang juga tahan terhadap infeksi Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici (Fol) dengan indeks stomata, kandungan klorofil dan karbohidrat yang tidak beda nyata dibandingkan kontrol. Kata kunci : Tomat, Fol, stomata, klorofil dan karbohidrat.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > Q Science (General)
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 32507816 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:10
Last Modified: 23 Aug 2017 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28074

Actions (login required)

View Item View Item