PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GULAK GALIK KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA

RAHMATIYAH, 1513069047 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GULAK GALIK KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1858Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1859Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada prasiklus 64,9, kemudian pada siklus I adalah 75,5 dan pada siklus II 84,54. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sudah tercapai yaitu 75,5% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 84,54%,. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsau dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar IPS, kooperatif tipe Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1724684 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:35
Terakhir diubah: 23 Aug 2017 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir