PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

RINI HARTATI, 1423053049 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3042Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3041Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di rayon III khususnya gugus Nusa Indah di Kecamatan Natar yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk 1) Menghasilkan Produk bahan ajar yang berciri Inkuiri. 2) Mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan bahan ajar yang dikembangkan. 3) Melihat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development) dengan langkah-langkah dari 1-7. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Rayon III Gugus Nusa Indah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 sekolah, kemudian diambil 2 sekolah melalui teknik cluster sampling. Dengan jumlah sampel 64 siswa yaitu SDN Bumisari 31 siswa SDN 2 Candimas 33 siswa. Hasil pengembagan ini menghasilkan bahan ajar inkuiri, dan hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing ini memiliki kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan. Kata kunci : pengembangan bahan ajar, inkuiri terbimbing dan ipa ABSTRACT This research is motivated by the result of science learning of fourth graders of elementary school in rayon III, especially Nusa Indah cluster in Natar sub-district which is still low. This research is aimed to 1) Produce Product of teaching materials characterized Inkuiri. 2) Describe the attractiveness, ease and benefits of developed teaching materials. 3) See the improvement of learning outcomes by using Guided Inquiry Based Instruction. The type of this research is Research and Development (Reseach and Development) with steps from 1-7. The population of this research is all fourth graders of elementary school in Rayon III Gugus Nusa Indah Kecamatan Natar South Lampung regency Year 2016/2017 which consists of 6 schools, then taken 2 schools through cluster sampling technique. With a sample size of 64 students of SDN Bumisari 31 students SDN 2 Candimas 33 students. The results of this development produce inquiry materials, and the results of data analysis indicate that the development of this guided inquiry-based instructional materials has the attractiveness, ease and usefulness and effective to improve student learning outcomes. Students who are taught by using guided inquiry-based teaching materials have higher learning outcomes than those who do not. Keywords: development of teaching materials, guided inquiry and science

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 98071337 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:56
Terakhir diubah: 24 Aug 2017 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir