Soleha, 1313022068 (2017) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM II NEWTON. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (785Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (719Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dalam proses pembelajaran konsep fisika perlu ditampilkan banyak representasi atau multi representasi agar pembelajaran dapat mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa, sedangkan untuk menyampaikan materi fisika secara multi representasi diperlukan suatu bahan ajar yang tepat, yaitu harus sesuai dengan sumberdaya yang ada. Bedasarkan perolehan wawancara dengan guru Fisika di SMA Negeri 13 Bandarlampung, diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran hanya berlangsung di dalam kelas dan siswa memiliki buku pelajaran yang cenderung monoton sebagai bahan ajar sehingga kegiatan pembelajaran kurang menarik. Untuk menanggulangi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu menghasilkan buku suplemen siswa berbasis multi representasi pada materi Hukum II Newton untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Bandarlampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan bukusiswa ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikan akhir produk, uji coba pemakaian produk. Uji validasi dilakukan oleh ahli desain bahan ajar dan ahli isi atau materi. Sedangkan uji lapangan dilakukan terhadap 37 siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 13 Bandarlampung. Berdasarkan perolehan uji ahli diperoleh beberapa saran perbaikan dari penguji dan setelah dilakukan perbaikan sesuai saran-saran dari penguji, buku suplemen siswa yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Perolehan uji validasi menunjukkan buku suplemen siswa memiliki kelayakan komponen isi dengan kategori layak dengan mendapatkan skor (3,28), kelayakan komponen kebahasaan dengan kategori layak dengan mendapatkan skor (3,04), kelayakan kualitas penyajian dengan kategori sangat layak dengan mendapatkan skor (3,53), dan keefektifan produk digunakan sebagai bahan ajar, yaitu mencapai 78,63% siswa tuntas KKM pada penilaian ranah kognitif. Kata kunci: buku suplemen siswa, multi representasi, Hukum II Newton.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 97494986 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 06:19 |
Terakhir diubah: | 24 Aug 2017 06:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28114 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |