PENGARUH RESIDU TRICHOKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI, DAN KUALITAS PASCAPANEN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt)

NURUL PUTRI AYU, 1214121161 (2017) PENGARUH RESIDU TRICHOKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI, DAN KUALITAS PASCAPANEN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (28Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2815Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2779Kb)

Abstrak

Tersedianya hara dari pupuk organik umumnya lebih lambat dibanding pupuk buatan sehingga terdapat kemungkinan bahwa unsur hara dari pupuk organik yang diberikan belum diserap oleh tanaman secara optimal dan dapat dimanfaatkan oleh pertanaman berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek residu dari pupuk trichokompos terhadap pertumbuhan produksi dan pascapanen tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Tanaman, Kelurahan Kota Sepang Jaya, Kecamatan Labuhan Ratu, Bandar Lampung dari April 2016 sampai Juni 2016. Perlakuan dalam penelitian ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan enam perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan tersebut antara lain P0 = kontrol, P1 = Residu pupuk trichokompos dosis 5 ton/ha, P2 = Residu pupuk trichokompos dosis 10 ton/ha, P3 = Residu pupuk trichokompos dosis 15 ton/ha, P4 = Residu pupuk trichokompos dosis 20 ton/ha, dan P5 = Residu pupuk trichokompos 25 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perlakuan residu pupuk Trichokompos 15 ton/ha memberikan hasil tinggi tanaman yang lebih tinggi, jumlah daun yang lebih banyak, bobot 10 tongkol dengan kelobot dan tanpa kelobot yang lebih besar, bobot berangkasan yang lebih besar, kadar sukrosa brix panen dan pasca panen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol. (2) Perlakuan residu pupuk Trichokompos 15 ton/ha dapat meninggkatkan produksi jagung manis sebesar 8,03 ton/ha dibandingkan dengan control. Hal ini merupakan dosis optimum yang dicapai karena hasil produksi menunjukkan respon kuadratik. Kata kunci: jagung manis, pupuk organik, dan trichokompos

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknolgi
Depositing User: 1476200 . Digilib
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:34
Last Modified: 05 Sep 2017 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28211

Actions (login required)

View Item View Item