PENGARUH RASIO REGANGAN TERHADAP PERILAKU LOW CYCLE FATIGUE PADUAN Al 7075-T7

ARI BENI SANTOSO, 1425021001 (2017) PENGARUH RASIO REGANGAN TERHADAP PERILAKU LOW CYCLE FATIGUE PADUAN Al 7075-T7. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3231Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3128Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT THE EFFECT OF STRAIN RATIO ON BEHAVIOR OF LOW CYCLE FATIGUE ALUMINUM ALLOY 7075-T7 By ARI BENI SANTOSO The aluminium 7075 alloy is widely used in the air craft industry for components on the front spar, stabilizer, frames that requires a high strength and low density ratio. The aerospace and automotive industries need to design for lightweight materials, where aluminum alloys are often used as the main component. Aluminum alloys have good corrosion resistance properties. This material is used in a wide field not only for house hold appliances but also for industrial purposes, for example air-craft, car, marine and other constructions. The phenomenon of ductility decreasing due to pre-fatigue deformation, is the most significant for the combination of long pre-fatigue time, high humidity, and low strain rate. The process of making specimen shapes and dimensions were prepared according to ASTM E8 standard for the tensile specimens and ASTM E606 standard for LCF test, respectively. Characterization of changes in material structures and the types of failure that occured were carried out using OM, SEM and EDX. The aluminium alloy 7075 - T7 were systematically fatigued under low cycle fatigue testing with strain ratio 3 /s, and strain amplitude = 0.006 mm/mm, 0.008 mm/mm, 0.010 mm/mm, 0.012mm/mm, 0.014 mm/mm and 0.016 mm/mm. Aluminum alloys show continuous stability for failure cycle, and the highest material life Keywords: Low Cycle Fatigue, Aluminum, Fatigue Life, cyclic, Strain Rate and Strain Amplitude. i ABSTRAK PENGARUH RASIO REGANGAN TERHADAP PERILAKU LOW CYCLE FATIGUE PADUAN Al 7075-T7 Oleh ARI BENI SANTOSO Paduan aluminium 7075 banyak digunakan terutama pada industry pesawat terbang untuk komponen-komponen pada bagian front spar, stabilizer, frame yang membutuhkan rasio antara kekuatan dan kepadatan yang tinggi. Dalam dunia kedirgantaraan dan industri otomotif yang memiliki desain dengan material yang ringan, paduan aluminium sering digunakan sebagai komponen utama. Aluminium paduan merupakan logam ringan yang mempunyai sifat ketahanan korosi yang baik. Material ini digunakan dalam bidang yang luas bukan hanya untuk peralatan rumah tangga saja tetapi juga dipakai untuk kepentingan industri, misalnya untuk industri pesawat terbang, mobil, kapal laut dan konstruksi konstruksi yang lain. Fenomena penurunan keuletan, karena pra-kelelahan deformasi adalah yang paling signifikan untuk kombinasi panjang pra-kelelahan waktu, kelembaban tinggi, dan laju regangan rendah. Proses pembuatan spesimen bentuk dan dimensi ukuran specimen uji tarik disiapkan sesuai standar ASTM E8 dan untuk uji LCF menggunakan standar ASTM E606. Karakterasasi perubahan struktur material dan jenis patahan yang terjadi dilakukan dengan melakukan pengujian OM, SEM serta EDX. Pada pengujian ini, laju regangan uji kelelahan siklus rendah dengan laju regangan 3 /s, rasio regangan ii mm/mm, di mana material menunjukan pengerasan siklik terus menerus dari siklus pertama yang gagal. Kata kunci: Low Cycle Fatigue, Aluminium, Fatigue Life, siklik, Strain Rate dan Amplitudo Regangan. iii

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 40141456 . Digilib
Date Deposited: 08 Sep 2017 09:20
Terakhir diubah: 08 Sep 2017 09:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28229

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir