IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017)

Rifki Dimastian, 1313024075 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1098Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (687Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yakni semua guru IPA kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Teluk Betung Utara sebanyak 5 guru. Desain pada penelitian ini adalah desain deskriptif. Data penelitian digunakan sebagai sampel yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Jenis data berupa data primer yaitu hasil dari angket dan informasi yang didapat dari hasil wawancara guru IPA SMP kelas VIII dan data sekunder didapat dari latar belakang pendidikan guru. Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi instrumen angket, wawancara dan latar belakang pendidikan guru. Data dianalisis dalam bentuk persentase dan diidentifikasi secara deskriptif dalam bentuk kriteria. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan guru IPA di SMP Negeri se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 dalam merencanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup mengalami kesulitan pada indikator menetapkan tujuan asesmen, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi soal, menulis soal berdasarkan kaidah penulisan soal, menentukan kriteria mutu soal, dan menyusun pedoman penskoran. Kesulitan guru IPA dalam melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup mengalami kesulitan pada indikator pelaksanaan asesmen afektif, pelaksanaan asesmen kognitif, dan pelaksanaan asesmen psikomotorik. Dengan demikian kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup. Kata Kunci : asesmen, kesulitan, Melaksanakan asesmen, Merencanakan asesmen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 74939032 . Digilib
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:28
Terakhir diubah: 18 Sep 2017 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir