NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM FILM HIJRAH CINTA KARYA HANUNG BRAMANTYO DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH (MA)

Eka Meliani, 1313041020 (2017) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM FILM HIJRAH CINTA KARYA HANUNG BRAMANTYO DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH (MA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (927Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (928Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius yang terkandung dalam film Hijrah Cinta karya Hanung Bramantyo dan implikasinya sebagai bahan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam film Hijrah Cinta karya Hanung Bramantyo dan implikasinya sebagai bahan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik simak-catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebuah film drama Indonesia yang berjudul Hijrah Cinta yang ditulis oleh Hanung Bramantyo, disutradarai oleh Indra Gunawan, dan dibintangi oleh Alfie Alfandy dan Revalina S. Temat. Film ini menceritakan tentang kehidupan Almarhum Ustadz Jefri Al Buchori atau yang lebih dikenal dengan sebutan Uje. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Hijrah Cinta mengandung nilai-nilai religius. Nilai religius dalam film Hijrah Cinta digambarkan melalui indikator hubungan manusia dengan Tuhan, yang dominan disampaikan melalui ungkapan pemeran Uje. Kemudian, indikator hubungan manusia dengan manusia, yang dominan disampaikan melalui ungkapan pemeran Pipik, selain itu hasil penelitian juga digambarkan melalui indikator hubungan manusia dengan alam, yang diungkapnkan melalui pemeran Pipih (ayahnya Uje). Hasil penelitian ini diimplikasikan sebagai bahan pendidikan karakter di MA (Madrasah Aliyah) pada KD 4.2 Memproduksi teks film/drama, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: film hijrah cinta, nilai-nilai religius, dan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 70997756 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2017 06:28
Terakhir diubah: 19 Sep 2017 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28277

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir