PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MELATI II KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Nur Bella Rizki Sujono, 1313054036 (2017) PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MELATI II KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1116Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (820Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Tunas Melati II Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan engklek terhadap peningkatan perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksakan di TK Tunas Melati II Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Waktu dalam penelitian dilaksanakan pada tanggal 15-23 Maret 2017. Populasi dalam penelitian ini berjumah 145 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis table silang, uji-t, dan analisis uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan mengenal lambang bilangan anak sebelum diberi aktivitas permainan engklek dan sesudah diberi aktivitas permainan engklek dan ada pengaruh aktivitas permainan engklek terhadap peningkatan perkembangan mengenal lambang bilangan anak kelompok B di TK Tunas Melati II Kecataman Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: anak usia dini, lambang bilangan, permainan engklek. abstract The problem in this study is the low development of the recognize the symbol of the number of children in group B in Tunas Melati Kindergarten II Natar District South Lampung District academic year 2016/2017. This study aims to determine the effect of the game on the increase of the development of the number of children in group B. The research method used is Pre-Experimental with one Pretest-Posttets Group design. This research was conducted in Tunas Melati II Kindergarten, Natar District, South Lampung District. Time in the study was conducted on March 15-23, 2017. The population in this study was 145 children. The sampling technique used are observation and documentation. The technique of data analysis using cross table analysis, t-Test, and simple linier regretion test analysis. The result of this study indicate that there are different developments to recognize the symbol of the number of children before being given the activities of the game and after the game was given Engklek game activity and there is influence of Engklek game activity improving in the development of the recognition of the number of children Group B in Tunas Melati II Kindergarten Natar Lampung District South Lampung Academic Year 2016/2017. Keywords: early childhood, number symbol, the engklek game.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 15499710 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2017 03:55
Terakhir diubah: 22 Sep 2017 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28282

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir