EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Adiluwih, Kabupaten Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017)

M. ILHAM MEGANTARA , 1313021047 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Adiluwih, Kabupaten Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1036Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1037Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiluwih tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa pada kelas VII A dan VII B yang diambil dengan teknik purposive dan teknik random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan t-test. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan realistic mathematic education. Kata Kunci: pendekatan realistic mathematic education, pemahaman, konsep matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 15913896 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:25
Terakhir diubah: 26 Sep 2017 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir