PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH (PREMARITAL SEX) PADA REMAJA Kajian Sosiologis tentang Faktor Penyebab dan Dampak Melakukan Hubungan Seksual Pranikah (Studi di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan)

Irnawati, 1316011041 (2017) PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH (PREMARITAL SEX) PADA REMAJA Kajian Sosiologis tentang Faktor Penyebab dan Dampak Melakukan Hubungan Seksual Pranikah (Studi di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan). UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2191Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2192Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab, dampak keluarga yang terbentuk akibat perilaku seksual pranikah yang dilakukan oleh remaja di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan serta mengetahui tanggapan dari masyarakat sekitar remaja. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiatatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Data diolah ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan diinterpretasikan, setelah data terkumpul data dianalisis secara kualitatif kemudian ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diketahui bahwa faktor penyebab perilaku seksual pranikah yang dilakukan remaja adalah karena minimnya pengetahuan agama, pengetahuan seks yang dimiliki, perkembangan gaya berpacaran, pengaruh dari lingkungan (teman sebaya dan keluarga), situasi dan kondisi, kesempatan dan perkembangan psikologis remaja serta keadaan ekonomi remaja. Dampak keluarga yang terbentuk akibat hubungan seksual pranikah ialah terjadi kekerasan dalam rumah tangga seperti kekerasan fisik, psikis, ekonomi dan seksual sehingga menimbulkan ketidakharmonisan. Adapun tanggapan masyarakat atas perilaku seksual pranikah remaja sebagian besar ialah negatif yaitu berupa sanksi psikologi terhadap informan dari masyarakat. Kata kunci : Perilaku, Seksual Pranikah, Remaja

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 52163452 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:51
Terakhir diubah: 28 Sep 2017 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28339

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir