ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA GELAR WICARA INI TALKSOW DI NET TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ENGRID SEPTA RENI, 1313041024 (2017) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA GELAR WICARA INI TALKSOW DI NET TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (900Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (901Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk, faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode, campur kode, dan faktor-faktor penyebabnya dalam tuturan pada Gelar Wicara Ini Talkshow di Net Tv dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Sumber data diperoleh melalui tayangan youtobe. Ini Talkshow tayang setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 20:00—21:30 WIB. Adapun episode yang akan dijadikan data dalam penelitian ini adalah tayangan yang berjudul anak kembar dan spesial Agnes Mo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode yang terjadi dalam tuturan pada Gelar Wicara Ini Talkshow terdiri atas beberapa bentuk dan penyebab. Alih kode yang dominan terjadi adalah alih kode eksternal terjadi antarbahasa sendiri (bahasa nusantara) dengan bahasa asing atau sebaliknya dengan faktor penyebab yang paling mempengaruhi adalah faktor pembicara atau penutur. Campur kode yang paling banyak terjadi adalah campur kode kata dari bahasa Inggris dan faktor penyebab yang paling mempengaruhi terjadinya campur kode adalah kebahasaan. Hasil penelitian dijadikan sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga penggunaan bahasa Indonesia sesuai konteks. Hasil penelitian ini juga dikaitkan sebagai bahan untuk melakukan stimulus respon, bahan ajar, dan tugas di rumah. Kata kunci: alih kode, campur kode, gelar wicara ini talkshow.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 96098597 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2017 08:02
Terakhir diubah: 27 Sep 2017 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28343

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir