PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

MUHID ABROR, 1013127024 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3983Kb)
[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3816Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS Oleh MUHID ABROR Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil dan aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah dilakukan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri I Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri 1 Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung yang berjumlah 20 orang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, dan tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dianalisis dengan tehnik deskriptif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil observesi yang semula nilai aktivitas siswa pada akhir siklus 2 sebesar 72,5% dengan kategori aktif. Adanya peningkatna hasil belajar siswa pada akhir siklus 2 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 90%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaan Kontekstual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 16174007 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:55
Terakhir diubah: 02 Oct 2017 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28378

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir