PENGARUH PEMBERIAN PENJELASAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH T.P. 2015-2016

Agung Aditya Utomo, 1113033001 (2017) PENGARUH PEMBERIAN PENJELASAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH T.P. 2015-2016. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2798Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2052Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH PEMBERIAN PENJELASAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH T.P. 2015-2016 Oleh : Agung Aditya Utomo Menjelaskan tidak hanya memberikan penjelasan tentang apa yang guru ketahui. Namun juga harus memperhatikan tentang komponen perencanaan serta komponen penyajian pesan. Sehingga materi yang di jelaskan oleh guru secara sistematis akan dapat di pahami oleh murid. Menjelaskan pada dasarnya adalah menuturkan secara lisan mengenai suatu bahan pelajaran yang disampaikan secara sistematis dan terencana sehingga memudahkan siswa untuk memahami bahan pelajaran. Hasil belajar yang di peroleh dari penjelasan adalah pemahaman. Karena pemahaman tersebut merupakan kondisi yang mutlak yang harus dipenuhi dalam teori koqnitif. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian penjelasan guru terhadap pemahaman siswa?. Tujuan dari penelitian ini di lakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penjelasan guru terhadap pemahaman siswa kelas X IPS di SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan design penelitian One-Shot Case Study. Teknik sampling yang di gunakan ialah Random Sampling sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini ialah test, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ini ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penjelasan guru terhadap pemahaman siswa kelas X IPS di SMA N 1 Kalirejo Lampung tengah Tahun Pelajaran 2015-2016. Hal ini dapat di lihat dengan menggunakan uji t. Didapat t hitung sebesar 2,257 yang mana lebih besar dari nilai

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 55458806 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:10
Last Modified: 02 Oct 2017 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28381

Actions (login required)

View Item View Item