IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gedong Tataan)

Ridha Pangastuti, 1313024074 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gedong Tataan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1305Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (700Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Asesmen hasil belajar merupakan salah satu standar proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, bahwa asesmen yang ideal harus direncanakan dan dilaksanakan pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Namun para prakteknya, guru kesulitan untuk menyelenggarakan asesmen pada ketiga ranah tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel penelitian adalah 11 guru IPA kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Gedong Tataan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan ialah data kesulitan guru IPA yang di dapatkan dari angket dan wawancara. Angket dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan wawancara dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tergolong cukup, dengan persentase kesulitan dalam merencanakan asesmen 51% dan melaksanakan asemen 47%. Persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menetapkan tujuan pembelajaran. Sementara persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam mengamati aspek sikap dan mengkondisikan pelaksanaan asesmen. Kata kunci: asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 68922105 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:51
Terakhir diubah: 03 Oct 2017 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir