TINDAK TUTUR PERSUASIF PADA GURU PENJASORKES DAN SISWA DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Puspita Cahya Rivai, 1313041064 (2017) TINDAK TUTUR PERSUASIF PADA GURU PENJASORKES DAN SISWA DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1000Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (789Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur persuasif dengan teknik-teknik persuasi pada guru Penjasorkes dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tindak tutur antara guru Penjasorkes dan siswa; serta tindak tutur antara siswa dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung saat kegiatan pembelajaran Penjasorkes berlangsung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak yang meliputi teknik observasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi, teknik sugesti, teknik konformitas, teknik kompensasi, teknik penggantian, dan teknik proyeksi. Tindak tutur persuasif pada guru Penjasorkes dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung yang paling banyak ditemui ialah teknik sugesti dan teknik konformitas dalam bentuk langsung. Tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi, teknik kompensasi, teknik penggantian, dan teknik proyeksi sedikit ditemui. Ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi dalam bentuk langsung dan tidak langsung; ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik kompensasi dalam bentuk langsung; serta ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik penggantian dan teknik proyeksi dalam bentuk tindak langsung. Kata kunci: tindak tutur, persuasif, SMK Negeri 4 Bandar Lampung

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 35665642 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:52
Last Modified: 03 Oct 2017 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item