HILDA DEWI ANIFA, 1313053069 (2017) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 1 WAY KANDIS TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1356Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1019Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS dan guru belum menerapkan model Make A Match pada siswa kelas III SD Negeri 1 Way Kandis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Way Kandis dengan jumlah siswa 67 dan sampel sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan nilai ratarata posttest yang mengikuti pembelajaran IPS yang menggunakan model Make A Match yaitu 66,62 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest yang tidak menggunakan model Make A Match yang mendapat nilai 52. Serta nilai aktivitas siswa yang lebih tinggi. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 1 Way Kandis tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Make A Match. abstract The problem in this research was the low of IPS learning outcomes and the teacher has not applied Make A Match. The purpose of this study was to determine the effect of Make A Match learning model on learning outcomes. The method used in this research is quasi experiment method with design in this research using Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques was observations and tests. Technique of data analysis in this research use t-test. The population of this study is the third grade students of SD Negeri 1 Way Kandis with 67 students and 67 students. The results of this study indicated by the mean posttest grade that follows the IPS learning using the Make A Match model that is 66.62 higher than the posttest average value that does not use the Make A Match model which scores 52. And the value of the student activity is more high. It can be concluded that there is influence of Make A Match model on IPS student outcomes of third grade students of SD Negeri 1 Way Kandis academic year 2016/2017. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Model Make A Match.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 76691798 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 06:51 |
Terakhir diubah: | 04 Oct 2017 06:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28408 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |