PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA BANDAR LAMPUNG

ERLIA, 1523053026 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (860Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1657Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas III di MIN Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang efektif yang dikembangkan melalui model problem based learning dan menguji perbedaan hasil belajar PKn siswa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan LKS berbasis problem based learning. Metode yang digunakan adalah metode research and development menghasilkan produk LKS dan menguji keefektifan produk menggunakan desain eksperimen semu. Populasi penelitian sebanyak 755 siswa kelas III di MIN Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dengan multistage random sampling yaitu siswa kelas III A di MIN 1 Bandar Lampung yang berjumlah 32 orang (sebagai kelas eksperimen), dan siswa kelas III A di MIN 8 Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang (sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama melalui validasi materi dan desain yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain dan pengujian hipotesis kedua menggunakan teknik uji t independent. Hasil penelitian diperoleh adalah (1) Terwujudnya pengembangan LKS sebagai produk yang efektif dengan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa (2) Adanya perbedaan hasil belajar PKn siswa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan LKS berbasis problem based learning. Kata Kunci: LKS, problem based learning, hasil belajar siswa abstract Problem in this research is still low result of learning of Civics student of class III in MIN City Bandar Lampung. The purpose of this research is to produce effective student worksheets developed through problem-based learning model and test the difference of learning result of Civics students who use with which do not use worksheet based on problem based learning. The method used is the research and development method of producing the student worksheet and test the effectiveness of the product using the design of pseudo experiments. The research population is 755 students of class III in MIN City Bandar Lampung. The sampling technique with multistage random sampling is the students of class III A at MIN 1 Bandar Lampung which is 32 people (as experimental class), and third grade A students at MIN 8 Bandar Lampung which is 30 people (as control class). Technique of collecting data using test technique, questionnaire and documentation. Testing the first hypothesis through material validation and design done by the material experts and design experts and testing the second hypothesis using independent t test technique. The result of the research is (1) The realization of the development of student worksheet as an effective product with problem based learning model in improving the student's learning outcomes (2) The difference of learning outcomes of students using the students' not using the worksheet based on problem based learning. Keywords: student worksheets, problem based learning, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 51165850 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:57
Terakhir diubah: 04 Oct 2017 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir