MITOS DALAMPARIWARA MIE INSTAN INDOMIE DAN RANCANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

NUNING ANGGRAININGSIH, 1313041060 (2017) MITOS DALAMPARIWARA MIE INSTAN INDOMIE DAN RANCANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (787Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (788Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berjudul “Mitos dalam Pariwara Mie Instan Indomie dan Rancangannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penadaan denotasi dan konotasi untuk mengetahui mitos yang ada dalam pariwara mie instan Indomie berdasarkan tanda-tanda yang muncul dalam pariwara dan merancang pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pariwara mie instan merek Indomie yang ditanyangkan di televisi tahun 2016 berjumlah dua pariwara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mencari dan mengunduh data berupa file video pariwara mie instan di www.youtube.com. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model observasi nonpartisipan. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos yang terdapat dalam pariwara Indomie goreng rasa kuah adalah anak muda harus mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi agar selalu mengikuti perkembangan kebaruan dari berbagai hal. Pariwara Indomie goreng rasa kuah memperkenalkan produk barunya dengan menampilkan tokoh anak muda yang dinilai senang mencoba hal-hal baru. Selanjutnya, mitos yang terdapat dalam pariwara Indomie seleraku adalah seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke mempunyai selera yang sama. Pariwara Indomie seleraku menampilkan tokoh masyarakat Indonesia untuk mendapat kepercayaan konsumen bahwa mie instan Indomie adalah produk makanan yang disukai semua masyarakat. Hasil Penelitian ini dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP terkait KD 4.4 menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Kata kunci :Pariwara, penandaan, mitos, rancangan pembejaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 53278327 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2017 08:39
Terakhir diubah: 04 Oct 2017 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir