PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X MADRASAH DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

RISKA APRIYANTI , 1343052009 (2017) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X MADRASAH DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2120Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2121Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku asertif siswa. Permasalahan penelitian ini “apakah terdapat peningkatan perilaku asertif siswa dengan menggunakan konseling kelompok teknik role play”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku asertif dengan menggunakan teknik konseling kelompok teknik role play pada siswa kelas X Madrasah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2016/2017.Metode dalam penelitian ini metode quasi ekeperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak tujuh siswa kelas X Madrasah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan yang memiliki perilaku asertif rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perilaku asertif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku asertif siswa dengan menggunakan konseling kelompok teknik role play, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh Zhitung = -2, 366 dan Ztabel 0,05 = 0,018. Zhitung < Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penggunaan layanan konseling kelompok teknik role play dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X Madrasah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : bimbingan dan konseling, perilaku asertif, dan teknik role play

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 99728304 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:13
Terakhir diubah: 05 Oct 2017 03:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir