PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

LESIYUSNAMEDA , 1313033049 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1756Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1756Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Dengan perkembangan dunia saat ini, pendidikan mampu menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter. Berdasarkan observasi pada penelitian pendahuluan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah sebanyak 46 siswa dengan persentase 30,67% dari jumlah siswa sebanyak 153 siswa yang mencapai KKM dalam Ulangan Tengah Semester Sejarah. Mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give atau sering dikenal saling memberi dan saling menerima. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan teknik tes. Penelitian ini menggunakan metode True Exsperimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi eta (Ƞ). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji eta (Ƞ) diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,72 termasuk dalam kategori kuat dan hasil penghitungan uji signifikan korelasi thitung = 10,58 > dari ttabel = 2,028 sehingga nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah positif dan signifikan. Dapat disimpulkan pada model pembelajaran kooperatif tipe take and give terdapat pengaruh positif dan sinifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Pengaruh, Take and Give, Hasil Belajar Sejarah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 20486963 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2017 04:27
Last Modified: 06 Oct 2017 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item View Item