RANI SETIA PRASANTI, 1523053003 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (820Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1007Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah masih banyak guru yang kesulitan dalam menilai dimensi sikap sosial pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial yang tepat pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) atau sering disebut R&D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, dan instrumen respon guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SD N kecamatan Sukarame yang berjumlah 97 guru, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di SD N I Sukarame dan SD N 2 Harapan Jaya yang berjumlah 9 guru. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap sosial pada pembelajaran tematik sudah tepat dibuktikan dengan hasil rata-rata akhir validasi oleh ahli evaluasi dan bahasa sebesar 77,24% dengan kriteria tinggi, berdasarkan hasil angket respon guru pada uji lapangan diperoleh rata-rata sebesar 96,28 dengan kriteria “ cukup tepat” dan berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh nilai tiap butir instrumen yaitu rpbi > rt, sehingga keseluruhan butir instrumen dikatakan valid serta hasil uji realibilitas menunjukan hasil sebesar 0,643 maka instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi. Kata kunci : instrumen penilaian, sikap sosial, pembelajaran tematik. ABSTRACT The problem of this research was a fact that many teachers found difficulties in assessing social attitude dimension of students in the grade IV of elementary school. The objective of this research was to develop social attitude assessment instrument in thematic learning for Grade IV of elementary school. This was a research and development or an R&D research. Data were collected with questionnaires and observations. Assessment instruments to use were instrument of need analysis, instrument of expert validation, and instrument of teacher’s response. Research samples were 9 teachers of grade IV in Sukarame 1 public elementary school and Harapan Jaya 2 public elementary school. Data were analyzed with validity and reliability tests. The research results showed that social attitude assessment instrument in the thematic learning had been proper and this was indicated by the average of 77.24% of final results with positive criteria from validation by the evaluation and language experts. The validity test result showed that each instrument point gained rpbi >rt, where all instrument points were valid in the reliability test by showing result of 0.643, so that the instrument was highly reliable. Keywords: assessment instrument, social attitude, thematic learning.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 85637002 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 07:38 |
Terakhir diubah: | 06 Oct 2017 07:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28449 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |