IMPLEMENTASI PERMENHUT NOMOR: P.88/MENHUT-II/2014 TENTANG HUTAN KEMASYARAKATAN OLEH GABUNGAN KELOMPOK TANI WIRA KARYA SEJAHTERA

dedek renaldo, 1216021031 (2017) IMPLEMENTASI PERMENHUT NOMOR: P.88/MENHUT-II/2014 TENTANG HUTAN KEMASYARAKATAN OLEH GABUNGAN KELOMPOK TANI WIRA KARYA SEJAHTERA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1674Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1450Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mewujudkan mandat UUD 1945 yang menyatakan bahwa sumber daya alam digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat, dan demi mengurangi penjarahan hutan oleh masyarakat. Pemerintah membentuk peraturan tentang Hutan Kemasyarakatan yang bertujuan sebagai upaya pelestarian hutan sekaligus meningkatan perekonomian masyarakat sekitar hutan. Dalam keberhasilan pengimplementasian HKm diserahkan seluruhnya pada masyarakat, namun dengan pembaharuan yang terus terjadi membuat celah yang banyak bagi masyarakat untuk tidak mematuhi aturan yang ada dalam Hutan Kemasyarakatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dalam menentukan Informannya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi yang dilakukan oleh Gapoktan Wira Karya Sejahtera sudah berjalan baik karena sudah banyak dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan hutan tempat kebun mereka, dampak yang dirasakan, diantaranya pertama perekonomian anggotanya yang mulai meningkat, kedua Lingkungan hutan yang kembali rindang dan sumber mata air yang kembali melimpah, dan ketiga anggota Gapoktan sudah mulai mengerti betapa pentingnya kelestarian hutan bagi hidup mereka dan bagi perkebunan mereka. Kata kunci : Implementasi, Hutan Kemasyarkatan, Gapoktan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 80232387 . Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:38
Terakhir diubah: 09 Oct 2017 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28452

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir