PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Farah Atikah, 1313034036 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (958Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1571Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan pendekatan konvensional (2) pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 258 siswa kelas IX dengan sampel siswa kelas IX E dan kelas IX F. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t-test dan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS Terpadu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan yang menggunakan pendekatan konvensional di SMP N 31 Bandar Lampung. Siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan siswa yang mengikuti pendekatan konvensional. (2) Ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar rata-rata siswa kelas IX yang memiliki hasil lebih tinggi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning di studi sosial terpadu di SMP N 31 Bandar Lampung. Kata Kunci : contextual teaching and learning , hasil belajar, pembelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu ABSTRACT The purpose of this research is to know (1) the difference of average study result in integrated social studies using Contextual Teaching and Learning approach and conventional approach (2) the influence of Contextual Teaching and Learning to average study result at SMP N 31 Bandar Lampung. This research used quasi experiment method. The population in this study amounted to 258 students of class IX with a sample class of grade IX E and class of grade IX F students. Technique Data analysis is done by t-test and simple linier regression analysis test. Data collected through test, observation and documentation. The result showed (1) there’s a significant difference in average study result of grade IX students in integrated social studies using Contextual Teaching and Learning approach and conventional approach. Students that used Contextual Teaching and Learning approach have the higher result than students who follow the conventional approach (2) there is an influence of Contextual Teaching and Learning approach to grade IX student average study result whiches have the higher result using Contextual Teaching and Learning in integrated social studies at SMP N 31 Bandar Lampung. Key words : contextual teaching and learning, study result, integrated social studies

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 38117304 . Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:20
Terakhir diubah: 09 Oct 2017 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir