YOGI SAPUTRA , 1311011170 (2017) PENGARUH DIMENSI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA TIWANA MUSIK STUDIO DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2859Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2664Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Relationship marketing telah menjadi salah satu strategi penting perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang lama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap customer retention pada Tiwana Musik Studio di Bandar Lampung. Variabel relationship marketing terdiri dari beberapa dimensi, yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 105 responden yang dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dan beberapa kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel customer retention dengan sumbangan sebesar 54,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisis uji F dan uji T diketahui bahwa dimensi kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3) dan penanganan keluhan (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel customer retention (Y). Kata Kunci: Relationship Marketing dan Customer Retention abstract Relationship marketing has become one of the important strategies for a company to retain consumer and build good and long lasting relationship with consumers. This research aims to clarify the influence of dimension relationship marketing to customer retention at Tiwana Musik Studio in Bandar Lampung. Relationship marketing formed by the existence of several dimensions, such as trust, commitment, comunication, and conflict handling. The research method used is descriptive and verification. The type of data used is qualitative and quantitative data. Primary and secondary data were used in this research. The data was collected through the distribution of questionnaires to 105 selected respondents based on technique of non probability sampling by using purposive sampling metodh and some criteria that have been set. This research are analyzed with SPSS 24.0 software. The result from this research is dimension trust, commitment, comunication, and conflict handling had a influence positive and significant on customer retention variables as much as 54,5% and rest influence by other variables. The F test and the T- test result, found that the dimension trust (X1), commitment (X2), comunication (X3), and conflict handling (X4) significantly influence on word of mouth (Y) variables. Keywords : Relationship Marketing and Customer Retention
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen |
Pengguna Deposit: | 44967638 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 08:18 |
Terakhir diubah: | 09 Oct 2017 08:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28471 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |