RANCANG BANGUN PETA VIRTUAL 3D JURUSAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN UNITY3D

Faiq Sulthon Dani, 1317051022 (2017) RANCANG BANGUN PETA VIRTUAL 3D JURUSAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN UNITY3D. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3493Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3494Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Jurusan Ilmu Komputer setiap tahunnya selalu memperkenalkan gedung-gedung yang ada di jurusan kepada mahasiswa baru. Seiring berjalannya waktu, jumlah mahasiswa baru yang diterima selalu meningkat. Banyaknya jumlah mahasiswa baru ini menyulitkan pihak jurusan memperlihatkan gedung secara langsung. Untuk itu, dibutuhkan alternatif lain untuk memperkenalkan kondisi gedung di jurusan, salah satunya adalah dengan menampilkan gedung dengan tampilan tiga dimensi. Cara ini efektif untuk memperkenalkan kondisi gedung di jurusan tanpa harus melihatnya langsung. Pambuatan desain virtual 3D dilakukan untuk menghasilkan tampilan 3D yang sesuai dengan bentuk aslinya menggunakan software Unity. Penelitian ini diuji dengan dua jenis pengujian. Pengujian fungsional menggunakan tiga komputer dengan spesifikasi berbeda untuk melihat kemampuan komputer dalam menjalankan aplikasi dan non fungsional menggunakan kuesioner untuk menentukan kualitas aplikasi menurut sudut pandang pengguna. Pengujian fungsional mendapatkan hasil FPS(Frame Per Second) dari ketiga komputer yang digunakan, FPS yang baik pada angka >60, cukup baik pada angka >30 dan kurang baik pada angka <30. Dari hasil pengujian fungsional didapat bahwa komputer dengan spesifikasi menengah dapat menjalankan aplikasi dengan baik. Pengujian non-fungsional dilakukan dengan 60 orang responden dan mendapatkan index persentase 90.75% yang berarti sangat baik. Keyword: 3D, Ilmu Komputer, Peta Virtual, Unity ABSTRACT Department of Computer Science every year always introduce the existing buildings in the department to new students. Over time, the number of new students received is always increasing. The large number of new students makes it difficult for the department to show the building directly. For that, it takes another alternative to introduce the condition of the building in the department, one of which is to display the building with three-dimensional view. This is an effective way to introduce building conditions in the majors without having to see them directly. 3D virtual design rendering is performed to produce a 3D display that matches its original shape using Unity software. This study was tested with two types of testing. Functional testing uses three computers with different specifications to see the ability of the computer in running applications and non-functional using a questionnaire to determine the quality of applications according to the user's point of view. Functional testing gets FPS (Frame Per Second) results from all three computers used, FPS is good at> 60, good enough at> 30 and less good at number <30. From the results of functional tests found that computers with medium specifications can run applications properly. Non-functional testing performed with 60 respondents and get index percentage 90.75% which means very good. Keyword: 3D, Computer Science, Unity, Virtual Map

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General)
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 19991826 . Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2017 06:55
Last Modified: 10 Oct 2017 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28478

Actions (login required)

View Item View Item