HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2016/2017

AGNES TITIS ENDARLIANI, (1343033001) (2017) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2984Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2618Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan sebuah bangsa. Dalam proses pembelajaran sasaran atau tujuan dari belajar merupakan komponen yang harus dicapai. Prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah di capai oleh seseorang. Tujuan mata pelajaran sejarah SMA pada prinsipnya memiliki tujuan penting untuk membentuk dan mengembangkan tiga kecakapan peserta didik, yaitu kemampuan akademi, kesadaran sejarah dan nasionalisme. Kesadaran sejarah merupakan salah satu kompenen penting dalam tujuan pembelajaran sejarah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Hubungan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS. Adapun cara yang digunakan untuk menentukan anggota sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan cara undian secara acak, sehingga diperoleh jumlah anggota sampel sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M). Berdasarkan analisis data penelitian dengan tingkat standar signifikan atau kepercayaan 95%, maka didapat nilai r0 = 0,6040 > r0,05;52 = 0,2732 maka H0 ditolak H1 diterima. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Hubungan, Prestasi Belajar Sejarah, Kesadaran Sejarah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 22259236 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:43
Terakhir diubah: 11 Oct 2017 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28529

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir