PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA, TANAMAN, DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata L.)

UMI MAHMUDAH, 1314121183 (2017) PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA, TANAMAN, DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2747Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1974Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pupuk organik dan jarak tanam terhadap pertumbuhan gulma, tanaman, dan hasil jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Tanjung Laut, Desa Fajar Baru, Jati Agung, Lampung Selatan dan Laboratorium Gulma Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Penelitian berlangsung selama 3 bulan sejak Desember 2016 – Februari 2017 menggunakan Rancangan Acak Kelompok faktorial yang terdiri dari dua faktor, jenis pupuk kandang yang terdiri dari: tanpa pupuk kandang, pupuk kandang sapi, pupuk kandang ayam broiler, pupuk organik padat bio-slurry, dan jarak tanam yang terdiri dari: jarak tanam 50 cm x 40 cm dan jarak tanam 75 cm x 25 cm. Setiap perlakuan diulang tiga kali. Seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Ragam. Homogenitas ragam diuji dengan Uji Bartlet, jika asumsi terpenuhi data dianalisis dengan sidik ragam menggunakan Uji F, perbedaan antar nilai tengah perlakuan diuji dengan BNJ pada taraf 5%. Hasil: (1) Perlakuan pupuk kandang ayam broiler memberikan bobot kering gulma total, daun lebar, dan teki yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan lainnya pada 3 MST. Perlakuan pupuk kandang ayam broiler dan pupuk kandang sapi menyebabkan perubahan komposisi gulma pada 3 MST, sedangkan perlakuan pupuk kandang sapi dan bio-slurry tidak menyebabkan perubahan komposisi gulma pada 6 MST. Pemberian pupuk organik meningkatkan bobot tongkol jagung manis. (2) Pertumbuhan gulma, pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta hasil jagung manis tidak dipengaruhi perlakuan jarak tanam. (3) Tidak ada keterkaitan perlakuan jenis pupuk organik dan jarak tanam terhadap pertumbuhan gulma, tanaman, dan hasil jagung manis. Kata kunci : Gulma, pupuk organik, jarak tanam, Zea mays saccharata L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 13617581 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:22
Terakhir diubah: 13 Oct 2017 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir