STATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS SAYURAN UNGGULAN KAWASAN AGROPOLITAN KABUPATEN TANGGAMUS

MUHAMMAD RIZKY ADITYAS, 1114131067 (2017) STATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS SAYURAN UNGGULAN KAWASAN AGROPOLITAN KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1640Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1641Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan usahatani sayuran, menganalisis efisiensi pemasaran sayuran dan penyusunan strategi pengembangan usahatani sayuran. Penelitian dilakukan di Kawasan Agropolitan Kabupaten Tanggamus, lokasi penelitian dipilih secara sengaja. Responden penelitian berjumlah 48 petani dan 18 pedagang. Tujuan pertama dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis pendapatan dan analisis R/C, tujuan kedua dianalisis secara deskriptif dengan analisis pemasaran, dan tujuan ketiga dianalisis secara deskriptif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan: (1) usahatani sayuran di Kawasan Agropolitan Kabupaten Tanggamus layak dan menguntungkan untuk diusahakan dengan nilai R/C>1. (2) sistem pemasaran sayuran di Kawasan Agropolitan Kabupaten Tanggamus tidak efisien karena nilai rasio selisih keuntungan di setiap lembaga pemasaran tidak tersebar merata, selain itu perbedaan harga tiap lembaga pemasaran masih terlalu besar. (3) strategi prioritas untuk mengembangkan usahatani sayuran yaitu; (a) memanfaatkan tenaga kerja secara efektif untuk meningkatkan kualitas produk agar daya beli konsumen semakin tinggi, (b) mengoptimalkan lokasi usahatani sebagai sentra agropolitan sayuran agar memungkinkan adanya harga tetap sayur tingkat petani, (c) meningkatkan kemampuan SDM agar tercapainya kemandirian dalam berusahatani. Kata kunci: agropolitan, keuntungan, pemasaran, strategi dan sayuran ABSTRACT This study aims to analyze the benefits of vegetable farming, analyze the efficiency of vegetable marketing and making of vegetable farming development strategy. The research is conducted in Agropolitan Area of Tanggamus Regency which was chosen purposively. Respondents of this research are 48 farmers and 18 traders. The first objective is quantitative analyzed using income analysis and R/C analysis, the second objective is descriptive analyzed by marketing analysis, and the third analysis is descriptive analyzed by SWOT analysis. The result of the research shows : (1) vegetable farming in Agropolitan Area of Tanggamus Regency is feasible and profitable to be cultivated with value R/C > 1. (2) the vegetable marketing system of Agropolitan Area in Tanggamus Regency is not efficient due to the margin profit ratio in each marketing organization have not evenly, and the price different in each marketing organization is too large (3) priority strategy to develop vegetable farming is; (a) to utilize labor effectively to improve product quality in order to increase consumer purchasing power, (b) optimize farming location as agropolitan vegetable center to enable fixed price of vegetable farmer level, (c) improve human resource capacity to achieve independence in farming. Keywords: agropolitan, marketing, profit, strategy and vegetable

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Pertanian > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 52012870 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:10
Last Modified: 12 Oct 2017 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item