Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa dan Dosen Pembimbing dalam Proses Penyusunan Skripsi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2007-2009 FISIP UNILA

Astri Noer Indah Deviyanti, 0716031026 (2014) Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa dan Dosen Pembimbing dalam Proses Penyusunan Skripsi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2007-2009 FISIP UNILA. FISIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (502Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (462Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (313Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (230Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2007-2009 Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unila Oleh ASTRI NOER INDAH DEVIYANTI Salah satu masalah penyesuaian diri yang sering dihadapi mahasiswa adalah penyesuaian diri vokasional, yaitu penyesuaian diri dalam bidang pendidikan, yang salah satunya adalah penyesuaian diri pada tugas skripsi. Keharusan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu dan kemampuan sesuai disiplin ilmu yang dimiliki ke dalam kenyataan yang dihadapi. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimanakah efektivitas komunikasi antar pribadi mahasiswa dan dosen pembimbing dalam proses penyusunan skripsi? Yang mana peneliti bermaksud untuk mengetahui efektivitas komunikasi antar pribadi mahasiswa dan dosen pembimbing dalam proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Peneliti juga menambahkan pertanyaan tambahan untuk mendukung dengan interpretasi terhadap data yang diperoleh melalui pendekatan teoritis dengan menyederhanakan data jawaban responden melalui kuesioner beserta alasan terhadap jawaban yang diberikan yang kemudian dideskripsikan atau dijelaskan melalui pendekatan teoritis. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) aspek keterbukaan adalah aspek yang paling efektif untuk menjalin interaksi antara 22 (48,9%) mahasiswa dan dosen pemimbing. Penjelasan yang memuaskan, kebebasan mengungkapkan perasaan dan pikiran, membuat mahasiswa merasa nyaman dan termotivasi untuk berkonsultasi. 2) Aspek ekspresif merupakan aspek yang kurang efektif ini tercermin dari dosen yang kurang antusias untuk meluangkan waktunya membimbing 7 (15,6%) mahasiswa. 3) Efektivitas komunikasi antar pribadi mahasiswa dan dosen pembimbing dalam proses penyusunan skripsi belum terjalin dengan baik. Kesulitan yang dihadapi mahasiswa pada saat proses penyusunan skripsi dapat menyebabkan mahasiswa menjadi stres dan merasa rendah diri, frustrasi, kehilangan motivasi, menunda penyusunan skripsi dan bahkan ada yang memutuskan untuk tidak menyelesaikan skripsinya. Kondisi ini dapat diatasi apabila dosen dapat memberikan saling menghargai dengan membangun kerja sama dengan mahasiswa yang menghasilkan sinergi dalam meningkatkan efektifitas kinerja dosen baik secara individu atau secara keseluruhan. Kata kunci: efektivitas, komunikasi antarpribadi, mahasiswa, dosen, skripsi ABSTRACK EFFECTIVENESS OF INTERPERSONAL COMMUNICATION BETWEEN COLLEGE STUDENTS AND LECTURER IN THE PROCESS OF ARRANGEMENT THESIS (Study Case On College Stusents In 2007-2009 Department of Communication Faculty Of Social ScienceAnd Political Science Of Unila) By ASTRI NOER INDAH DEVIYANTI One of the problems of adjustment that is often faced by students of vocational adjustment, the adjustment in the field of education , one of which is adjusting itself to the task of thesis. The requirement is intended that the college student is able to apply the knowledge and ability of the discipline appropriate to the realities facing. So that raises the question of how effective interpersonal communication college students and lecturers in the preparation of the thesis? Which the researcher intends to examine the effectiveness of interpersonal communication college students and lecturers in the preparation of the thesis. This study used a descriptive quantitative method. Researchers also add additional questions to support the interpretation of the data obtained through a theoretical approach to simplify the data through a questionnaire respondents and the reasons for the answer given is then described or explained by a theoretical approach. The results of this study are: 1 ) aspect of openness is the most effective aspect to establish interaction between college 22 (48,9%) students and lecturers. Satisfactory explanation, the freedom to express feelings and thought, making students feel comfortable and motivated to consult. 2 ) expressive aspect is an aspect that is reflected less effective than a less enthusiastic lecturers for taking the time to guide the 7 (15,6%) students. 3 ) The effectiveness of interpersonal communication college students and lecturers in the preparation of the thesis has not been well established. The difficulties faced by students during the process of preparation of the thesis can be stressful and cause students to feel low self- esteem, frustration, loss of motivation, delaying preparation of the thesis and some have decided not to complete the thesis. This condition can be overcome if the lecturer can give mutual respect to build cooperation with students who generate synergies in improving the effectiveness of faculty performance either individually or as a whole. Keywords : effectiveness, interpersonal communication, students, faculty, thesis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 344240 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:31
Terakhir diubah: 21 Aug 2014 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir