PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

MARFUATUN HASANAH, 1313023049 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (787Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh (effect size) model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah poor experimental dengan One Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gedongtataan dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 210 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning dan angket respon siswa, data keefektivan diperoleh dari soal tes kemampuan berpikir elaborasi terdiri dari lima soal uraian, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Data dianalisis menggunakan Marfuatun Hasanah Microsoft Office Excel 2010 dan SPSS versi 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model discovery learning berkategori “tinggi”, respon siswa terhadap pembelajaran berkategori “sangat tinggi”, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berkategori “sangat tinggi” serta keterampilan berpikir elaborasi siswa pada kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir elaborasi siswa pada kedua kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,56 dan 0,53 dengan kategori “sedang” serta hasil pengujian ukuran pengaruh diperoleh sebesar 0,98 dan 0,99 dengan kategori “besar”. Hasil ini menunjukkan bahwa model discovery learning, praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir elaborasi, larutan penyangga, model discovery learning

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 47967668 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:59
Last Modified: 13 Oct 2017 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28569

Actions (login required)

View Item View Item