ANALISIS KESESUAIAN MATERI EKOSISTEM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR (KD) KURIKULUM 2013

Amanah, 1313024009 (2017) ANALISIS KESESUAIAN MATERI EKOSISTEM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR (KD) KURIKULUM 2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (832Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2634Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2635Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesesuaian keluasan dan kedalaman materi serta tingkat miskonsepsi pada buku teks. Sampel penelitian adalah 3 buku yang terdapat materi Ekosistem Biologi SMA Kelas X yang paling banyak digunakan sekolah di Kota Bandar Lampung, dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian keluasan materi adalah beragam.Tingkat kesesuaian keluasan materi buku A sebesar 80% dengan kategori “Sesuai”, buku B sebesar 100% dengan kategori “Sangat Sesuai” dan buku C sebesar 80% dengan kategori “Sesuai”. Tingkat kesesuaian kedalaman materi pada buku A sebesar 75,6% dengan kategori “Sesuai”, buku B sebesar 93,6% dengan kategori “Sangat Sesuai” dan buku C sebesar 60,6% dengan kategori “Cukup Sesuai”. Pada ketiga buku ditemukan keluasan dan kedalaman materi yang tidak sesuai dengan KD, ada yang seharusnya sudah dipelajari di jenjang sebelumnya dan ada yang tidak seharusnya dipelajari. Miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku berbeda besarnya namun masuk ke dalam kategori yang sama yaitu “Sangat Rendah”, buku A sebesar 6%, buku B sebesar 1,7% dan buku C sebesar 2,5%. Pada buku A terdapat 7 miskonsepsi yaitu pada konsep Faktor Abiotik, Faktor Biotik, Interkasi dalam Ekosistem, Aliran Energi, Daur Air. Pada buku B terdapat 2 miskonsepsi yaitu pada konsep Interkasi dalam Ekosistem. Pada buku C terdapat 2 miskonsepsi yaitu pada konsep Faktor Abiotik dan Bioma. Kesimpulannya adalah tingkat kesesuaian keluasan materi ekosistem buku teks A biologi SMA kelas X dengan Kompetensi Dasar (KD) “Sesuai” 80%, buku B “Sangat Sesuai” 100% dan buku C “Sesuai” 80%. Tingkat kesesuaian kedalaman materi ekosistem buku teks A biologi SMA kelas X dengan Kompetensi Dasar (KD) adalah “Sesuai” 75,6%, buku B “Sangat Sesuai” 93,6% dan buku C “Cukup Sesuai” 60,6%. Hasil identifikasi miskonsepsi pada buku A tingkat miskonsepsinya adalah “Sangat Rendah” 6%, buku B “Sangat Rendah” 1,7% dan buku C “Sangat Rendah” 2,5%. Kata Kunci : ekosistem, kedalaman materi, keluasan materi, miskonsepsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 44443236 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:09
Terakhir diubah: 17 Oct 2017 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir