PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG BERBASIS TEKS KELAS VIII SEMESTER GANJIL

NURFENI , 1423045009 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG BERBASIS TEKS KELAS VIII SEMESTER GANJIL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRAK).pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1385Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1386Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan pembelajaran bahasa Lampung ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya sangat ditentukan oleh kualitas materi atau bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang disesuaikan dengan tujuan belajar dan kebutuhan peserta didik (student need) akan membuat proses pembelajaran lebih efektif dan maksimal. Belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) menimbulkan pemikiran untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Lampung. Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan dan membuat modul pembelajaran bahasa Lampung yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Lampung peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini terbagi dalam dua tahapan. Tahap I merupakan tahap penelitian dan pengembangan produk serta evaluasi formatif produk yang telah dikembangkan. Penelitian tahap II merupakan tahap uji coba lapangan untuk mengetahui efektifitas penggunaan produk hasil pengembangan. Uji coba lapangan dirancang dengan pre eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Pengambilan sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap I menghasilkan produk yaitu Modul Pembelajaran Bahasa Lampung Berbasis Teks Sesuai Dengan Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester Ganjil. Penelitian tahap I diawali dengan kegiatan: 1) penelitian tentang analisis kebutuhan peserta didik dan mengumpulkan informasi kemampuan peserta didik, observasi, wawancara, dan analisis situasi serta penelusaran literatur, 2) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan draf materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran berupa modul dan dilakukan pengujian oleh ahli bahasa dan isi materi, oleh ahli desain, dan uji perseorangan, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk. Sedangkan hasil penelitian pada tahap II, yaitu: 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran bahasa Lampung berbasis teks kelas VIII semester ganjil mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Lampung peserta didik kelas VIII. ABSTRACT The success of Lampung language learning is largely determined by many factors, one of them is the quality of materials or module which is used. Modul that tailored to the learning objective and needs of learners (student need) will make the learning proses more effective and maximum. The absence of appropriate teaching materials to the curriculum in 2013 at the Junior High School (SMP) raises thought to develop Lampung teaching materials. The problem is how to develop and make Lampung language learning modules to improve language skills of Lampung learners. This study used Research and Development design (R&D) by following the model of the research and development of Borg and Gall. This study is divided into to stages. Phase I the stage of research and product development as well as formative evaluation products have been developed. The second phase is the phase of field trials to determine the effectivenessof using modul.The field trials are desiged with pre experiment One Group Pre – test, Post- test design the sampel was taken by purposive sampling technique. The results of research and development in stage I is to produce the product that Lampung Language –Based Learning Module Text Fit Curriculum Odd Semester 2013 Class VIII. The first phase begins with the following activities: 1) reseach on the analysis of the needs of learners, observations, interviews, and analysis of the situation and literatures review, 2) create a lesson plan (RPP) and draf materials development, 3) development product intructional materials in the form of modules and testing by linguists and content,by design experts, and individual test, 4) initial trial in small groups, and 5) a revision of the product while in the results of the phase II study, namely: 6) field trials and 7) the revised product field trial results. The results of field triad found that the use of language learning modules Lampung corresponding text-based had moderate effectiveness to inprove language skill of students of class VIII Lampung. ABSTRAK B.LAMPUNG Keberhasilan pembelajaghan bahasa Lampung ditentuko jama pepigha faktor, diantaghani ditentuko nihan jama kualitas materi atau bahan ajagh sai digunako. Bahan ajagh sai disesuaiko jama tujuan belajagh ghik kebutuhan peseghta didik (student need) dapok ngeguai proses pembelajaghan lebih efektif ghik maksimal. Makkung watni bahan ajagh sai sesuai jama kurikulum 2013 pada Sekulah Menengah Pertama (SMP) nimbulko pemikeghan guai ngembangko bahan ajagh bahasa Lampung. Permasalahanni iyulah gohpa ngembangko ghik ngeguai modul pembelajaghan bahasa Lampung sai dapok ningkatko kemampuan bebahasa Lampung peseghta didik. Penelitian sinji ngeghupako penelitian ghik pengembangan atau Research and Development (R&D) nutuki model penelitian ghik pengembangan Borg and Gall. Penelitian sinji tebagi lom ghua tahapan. Tahap I ngeghupako tahap penelitian ghik pengembangan produk seghta evaluasi formatif produk sai ghadu dikembangko. Penelitian tahap II ngeghupako tahap uji cuba lapangan guai ngenah efektifitas penggunaan produk hasil pengembangan. Uji cuba lapangan dighancang jama pre eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Pengambilan sampel penelitian diakuk jama teknik Purposive sampling. Hasil penelitian ghik pengembangan pada tahap I ngehasilko produk yakni Modul Pembelajaghan Bahasa Lampung Bebasis Teks Sesuai Jama Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester Ganjil. Penelitian tahap I diawali jama kegiatan: 1) penelitian tentang analisis kebutuhan peseghta didik ghik ngumpulko informasi kemampuan peseghta didik, observasi, wawancagha, ghik analisis situasi seghta penelusaran literatur, 2) ngeguai ghencana pelaksanaan pembelajaghan (RPP) ghik draf materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaghan beghupa modul ghik dilakuko pengujian jama ahli bahasa ghik isi materi, jama ahli desain, ghik uji pesayan, 4) uji cuba awal pada kelompok lunik, ghik 5) revisi produk. Sedongko hasil penelitian pada tahap II, yakni: 6) uji cuba lapangan ghik 7) revisi produk hasil uji cuba lapangan. Hasil uji cuba lapangan dipandai bahwa penggunaan modul pembelajaghan bahasa Lampung bebasis teks kelas VIII semester ganjil ngedok efektifitas sai sedong guai ningkatko kemampuan bebahasa Lampung peseghta didik kelas VIII.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 59650715 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:39
Terakhir diubah: 19 Oct 2017 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir