PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ERLITA FIDIANA , 1313023097 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (773Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (774Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh (effect size) model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Metode dalam penelitian ini adalah poor experimental design dengan One Group Pretest- Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Gedong Tataan semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 210 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 2 kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model discovery learning. Data dianalisis menggunakan SPSS version 16.0 for windows. Data kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning dan Erlita Fidiana angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model discovery learning dengan kategori “tinggi” dan respon siswa dengan kategori “sangat tinggi”. Data keefektivan diperoleh dari lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa , dan soal tes keterampilan berpikir luwes siswa yang terdiri atas 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori “sangat tinggi”, aktivitas siswa dengan kategori “tinggi” dan keterampilan berpikir luwes siswa pada kedua kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata n-Gain sebesar 0,56 dan 0,48 dengan kategori “sedang”. Model discovery learning berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir luwes siswa pada kedua kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil ratarata uji effect size sebesar 0,975 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model discovery learning praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, larutan penyangga, model discovery learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 27583401 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:00
Terakhir diubah: 18 Oct 2017 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir