HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RENI NOVASARI, 1313041070 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1742Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017, berjumlah 366 siswa, yang tersebar dalam 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah 10% berjumlah 37 siswa. Penyampelan dilakukan secara cluster random sampling. Untuk menghimpun data, penelitian ini menggunakan tes menulis siswa dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan skor motivasi belajar sebesar 83,5 dan prestasi belajar menulis sebesar 83,1 yang termasuk pada kriteria baik. Nilai koefisien korelasi product moment sebesar rhitung (0,467) > rtabel (0,325). Berdasarkan hasil hitungan tersebut, hipotesis diterima. Koefisien uji regresi sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis sebesar 21,8% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain diluar variabel penelitian dan memperoleh persamaan regresinya adalah Y = 60,100 + 0,278X. Artinya, setiap penambahan satu tingkat motivasi belajar, maka prestasi belajar menulis akan meningkat sebesar 0,278. Dengan demikian, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi prestasi belajar menulis yang mereka peroleh. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar mereka, semakin rendah prestasi belajar menulis yang diperoleh. Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran, prestasi belajar menulis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 71266377 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:11
Terakhir diubah: 18 Oct 2017 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir