PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 02 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung Tahun Ajar 2015/2016)

RATNA YUNINGSIH , 1213024054 (2017) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 02 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung Tahun Ajar 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1356Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1357Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama siswa, pola kerjasama antar siswa kelas IV dan V dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 02 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang diperoleh adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD Negeri 02 Rajabasa Jaya. Data diperoleh dari lembar observasi pada saat kegiatan pembelajaran. Data berupa deskripsi tentang kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA yang diperoleh dari lembar observasi dan diperkuat dengan wawancara guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa yang berguna untuk mengetahui pendapat siswa tentang kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SD Negeri 02 Rajabasa Jaya pada kelas IV dan V secara umum sudah tergolong baik dengan presentase 52,5% yang dilihat dari lembar observasi. Sedangkan jika dilihat dari angket siswa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA secara umum sudah tergolong tinggi dengan presentase 69%. Pola kerjasama yang terbentuk pada sekolah ini yaitu pola kerjasama kontrak(contractual cooperation). KataKunci: Pembelajaran IPA, Kemampuan Kerjasama, Profil dan Pola Kerjasama.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 06256757 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:45
Terakhir diubah: 19 Oct 2017 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28689

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir