EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017)

NIA WIDYA NINGRUM, 1313021056 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (825Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran Inkuiri Terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 01899701 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:12
Last Modified: 19 Oct 2017 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28698

Actions (login required)

View Item View Item