PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 METRO UTARA

NOVURI ECISA, 1313053115 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.PDF

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (935Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (936Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujicobakan, dianalisis dan dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen 0,58, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,37. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS 23 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,03, (0,03<0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: pendekatan pembelajaran kontekstual, media realia, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 06609020 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:09
Terakhir diubah: 20 Oct 2017 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28731

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir