PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS

HARITSAH ULYA, 1313023035 (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS. FKIP.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (904Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1463Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1138Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS Oleh HARITSAH ULYA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul berbasis problem solving pada materi asam basa Arrhenius yang dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Bandarlampung semester genap tahun 2016/2017 yang terdiri atas lima kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan pengambilan sampel dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 1 kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan modul berbasis problem solving. Kevalidan modul hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Kepraktisan diukur berdasarkan penilaian guru dan tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan, tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan modul hasil pengembangan, dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan modul dalam pembelajaran. Berdasarkan uji coba terbatas, modul yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor penilaian guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruk dengan kategori sangat tinggi, tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dengan kategori sangat tinggi, hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan dengan kategori tinggi, dan tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran dengan modul hasil pengembangan maka modul hasil pengembangan dapat dinyatakan praktis. Kata kunci : asam basa Arrhenius, modul, problem solving

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 93884503 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:51
Terakhir diubah: 20 Oct 2017 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28736

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir