PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS TEMATIK TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

YULINAR, 1423053023 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS TEMATIK TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3651Kb) | Preview

Abstrak

The backgroun of this research were that students activities and students learning result of grade 2 in SDN 1 Palapa and SDN 2 palapa was still low. This research objective is to see the increase of learning activity, the result of learning using LKPD thematic theme of caring for animals and plants. The type of research is the research and development (Adaptation and Development) of Borg and Gall, with steps 1-9. The population in this study are all students of second grade SD Negeri 1 Palapa and SD Negeri II Palapa 2016/2017 which is distributed in 2 schools, then taken 2 classes as sample through Cluster Sampling technique. Data collection is done through observation, interview, questionnaire and written test, then analyzed quantitatively and qualitatively. The results of data analysis showed that the development of LKPD thematic-based products on the theme of caring for animals and plants is effective in improving learning outcomes and learning activities of learners. This can be seen from the number of learners who achieve the KKM score and the average score of learners who are taught using the thematic LKPD on the theme of caring for animals and plants is higher than the average score of learners before using LKPD. Keywords: LKPD, Thematic, Activity and Learning Outcomes Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Palapa dan SD Negeri 2 Palapa masih rendah. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan menggunakan LKPD berbasis tematik tema merawat hewan dan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) adaptasi dari Borg and Gall, dengan langkah-langkah 1-9. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 1 Palapa dan SD Negeri II Palapa. Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 2 sekolah, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel melalui teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan tes tertulis, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa pengembangan berupa produk LKPD berbasis tematik pada tema merawat hewan dan tumbuhan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang mencapai nilai KKM serta nilai rata-rata peserta didik yang diajar menggunakan LKPD berbasis tematik pada tema merawat hewan dan tumbuhan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata peserta didik sebelum menggunakan LKPD. Kata kunci : LKPD, Tematik, Aktivitas dan Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 11178594 . Digilib
Date Deposited: 21 Oct 2017 05:09
Last Modified: 21 Oct 2017 05:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item