ANALISIS STRATEGI BISNIS AIR MINUM DALAM KEMASAN(AMDK) PT DHARMA GUNA CITRA BANDAR LAMPUNG

IKA PUTRIANA LESTARI, 1311011082 (2017) ANALISIS STRATEGI BISNIS AIR MINUM DALAM KEMASAN(AMDK) PT DHARMA GUNA CITRA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1080Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1082Kb) | Preview

Abstrak

Masyarakat perkotaan sehari-hari semakin padat dan sibuk dengan berbagai aktivitasnya, membuat tingkat stres dan kepenatan masyarakat yang semakin tinggi. Hal ini membuat terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat menjadi serba instan terutama masyarakat di daerah kawasan padat penduduk dalam mengonsumsi air minum, mereka lebih praktis membeli air minum dalam kemasan daripada memasaknya di rumah. Tingginya tingkat persaingan dalam usaha air minum dalam kemasan menuntut setiap manajemen berusaha menemukan strategi khusus untuk menciptakan keunggulan bersaing, sehingga dapat menempatkan perusahaan pada posisi teratas (market leader), sekaligus mampu mempertahankan posisi tersebut. Salah satu perusahaan yang harus mempertahankan strateginya yang sudah di terapkan dalam perusahaannya yaitu PT Dharma Guna Citra dengan merek produk ceria. Persentasi pasar PT Dharma Guna Citra produk air minum merek ceria belum mendominasi pangsa pasar. Hal tersebut menunjukkan PT Dharma Guna Citra harus mempunyai strategi bisnis yang lebih kompetitif agar dapat meningkatkan pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dan mengetahui apakah strategi yang digunakan PT Dharma Guna Citra sudah berjalan dengan baik untuk menghadapi persaingan bisnis. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data sekunder dan primer, yang diperoleh dari hasil wawancara baik langsung maupun kuesioner, hasil pengamatan langsung di lapangan, laporan tertulis, serta data-data dari literature seperti buku, internet dan artikel. Data disajikan secara deskriptif kualitaitif untuk mengetahui lingkungan eksternal dan internal. Perolehan alternatif strategi didapatkan dari tahapan formulasi yakni matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan pemilihan alternatif strategi prioritas dengan metode QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat lima kekuatan empat kelemahan, dan pada faktor eksternal terdapat lima peluang dan lima ancaman. Berdasarkan hasil dari perhitungan matriks IFE dan EFE serta hasil perumusan dan pemetaan matriks IE posisi PT Dharma Guna Citra pada kuadran empat yang menunjukkan bahwa saat ini berada pada posisi tumbuh dan bina (Growth and Build). Strategi yang tepat untuk Ika Putriana Lestari dijalankan perusahaan pada kuadran ini adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi ke depan, ke belakang, dan horizontal). Analisis SWOT menghasilkan delapan strategi yang kemudian diprioritaskan dengan metode QSPM. Kata kunci: PT Dharma Guna Citra, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM. abstract Everyday urban communities are getting crowded and busy with their various activities, making the level of stress and fatigue of people getting higher. This makes the shifting lifestyle of people into instant all-around especially people in densely populated areas in drinking water consumption, they are more practical to buy bottled water rather than cook it at home. The high level of competition in the bottled drinking water business requires every management to find a specific strategy to create competitive advantage, so that it can put the company at the top (market leader), while maintaining the position. One company that must maintain its strategy that has been applied in the company is PT Dharma Guna Citra with a brand of cheerful products. The market percentage of PT Dharma Guna Citra brand of drinking water products has not dominated the market share. It shows that PT Dharma Guna Citra must have a more competitive business strategy in order to increase market share. The purpose of this research is to identify internal and external factors and to know whether the strategy used by PT Dharma Guna Citra has been running well to face business competition. The data used for this study are secondary and primary data, obtained from direct interviews and questionnaire, direct observation in the field, written reports, as well as data from literature such as books, internet and articles. The data are presented descriptively qualitative to know the external and internal environment. Obtaining alternative strategies derived from the formulation stages of the IFE, EFE, IE, SWOT matrix and selection of priority strategy alternatives with the QSPM method. The results of this study indicate that internal factors have five strengths four weaknesses, and on external factors there are five opportunities and five threats. Based on the results of IFE and EFE matrix calculations and the result of formulation and mapping of IE matrix position of PT Dharma Guna Citra in quadrant four indicating that currently in growth and development position (Growth and Build). The right strategy to run the company in this quadrant is intensive strategy (market penetration, market development, and Ika Putriana Lestari product development) or integrative strategy (forward, backward, and horizontal integration). The SWOT analysis yields eight strategies that are then prioritized by the QSPM method. Keywords: PT Dharma Guna Citra, Internal Factor, External Factor, IFE Matrix, EFE

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 41834383 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:44
Last Modified: 24 Oct 2017 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item