PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Maryanti, 1343022005 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1013Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (896Kb) | Preview

Abstrak

Penggunaan teknologi dan informasi menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan peserta didik, sehingga hal tersebut mendukung pembelajaran menggunakan modul berbasis learning content development system (LCDS). Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS terhadap hasil belajar siswa dan bagaimanakah pemahaman konsep pada materi fluida statis. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Abung Selatan, dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan modul berbasis LCDS dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku siswa dari sekolah. Instrument tes yang digunakan adalah soal pilihan jamak dengan derajat CRI. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan N-gain dan uji Independent T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis LCDS memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,67 dan kelas kontrol 0,56. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran menggunakan modul berbasis LCDS termasuk kedalam kategori tahu konsep sebesar 74,73 %, tidak tahu konsep 18,75 %, lucky guess 1,86%, dan miskonsepsi sebesar 4,66 %. Kata kunci: hasil belajar, modul LCDS, pemahaman Konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 99245952 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:08
Terakhir diubah: 24 Oct 2017 06:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28806

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir