PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS

NURLIA FITRIANA, 1313022051 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3868Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3297Kb) | Preview

Abstrak

Rendahnya hasil belajar fisika disebabkan kurangnya keterampilan proses yang dilatihkan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran problem based learning memberikan pengalaman belajar dengan melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah the non equivalent control group design dengan sample penelitian siswa-siswi kelas X MIPA SMA N 2 Pringsewu yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini diperoleh dari data penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi sains yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 yang kurang dari 0,05. Hasil N-gain hasil belajar yaitu 0,59 lebih tinggi peningkatannya dibandingkan kelas kontrol dengan N-gain 0,30. Kata kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran, Problem Based Learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 36990091 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:34
Last Modified: 24 Oct 2017 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item