PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BERKENAAN DENGAN KEHILANGAN SEPEDA MOTOR DI AREA PARKIR (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2078 K/Pdt/2009)

VANIA MARETHA , 1312011334 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BERKENAAN DENGAN KEHILANGAN SEPEDA MOTOR DI AREA PARKIR (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2078 K/Pdt/2009). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1068Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (986Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perlindungan konsumen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan bisnis yang sehat. Kegiatan bisnis yang sehat harus terdapat keseimbangan pelindungan hukum antara konsumen dan pelaku usaha sehingga tidak timbul permasalahan hukum. Permasalahan hukum dalam bidang perlindungan konsumen yang sering ditemui dikehidupan sehari-hari yaitu kehilangaan kendaraan dan/atau aksesoris kendaraan di area parkir. Penelitian ini berdasarkan pada Putusan Mahkamah Agung Nomor 2078 K/Pdt/2009 yang bertujuan untuk menganalisis ketentuan mengenai perlindungan hukum yang dimiliki konsumen berkenaan dengan hilangnya sepeda motor di area parkir. Putusan Mahkamah Agung tersebut merupakan putusan akhir atas gugatan yang diajukan oleh Sumito Y. Viansyah untuk mendapatkan penggantian kerugian atas hilangnya sepeda motor di area parkir yang dikelola oleh PT Securindo Packtama (secure Parking). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana hak konsumen dan pertanggungjawaban pelaku usaha serta pertimbangan hakim dalam menyelesaikan kasus tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif dengan tipe penelitian deskriptif. Tipe pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah tipe Case Approach. Data yang digunakan sebagai bahan penelitian ini terdiri atas bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah menjamin kewenangan konsumen untuk melakukan gugatan apabila terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Berdasarkan KUH Perdata, pelanggaran yang dilakukan oleh PT Securindo Packtama Indonesia adalah kelalaian yang mengakibatkan kerugian sehingga harus di pertanggungjawabkan. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Secure Parking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > KZ Law of Nations
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 54050233 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:33
Terakhir diubah: 25 Oct 2017 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir