KESANTUNAN BERTUTUR CUSTOMER SERVICE DI BANK LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

DIYAH BERTA ALPINA, 1313041018 (2017) KESANTUNAN BERTUTUR CUSTOMER SERVICE DI BANK LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (811Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana kesantunan bertutur customer service di Bank lampung ketika berinteraksi dengan nasabah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan kesantunan bertutur customer service di Bank Lampung ketika berinteraksi dengan nasabah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa tuturan customer service di Bank Lampung dan data penelitian ini berupa tuturan customer service yang mengandung kesantunan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam catat dan teknik analisis data menggunakan analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tuturan customer service yang menaati dan melanggar maksim kesantunan yang mencakup maksim kearifan, kedermawanan, simpati dan kesempakatan. Penaatan maksim kesantunan yang cenderung dilakukan customer service ialah maksim kedermawanan dan pelanggaran maksim yang dilakukan customer service ialah maksim kesepakatan. Kesantunan bertutur customer service menggunakan dua bentuk tuturan, yaitu tuturan langsung dan tidak langsung. Tuturan langsung ditandai dengan penanda kesantunan tolong, mohon, maaf, mari, silakan, terima kasih, coba dan Bapak/Ibu, sedangkan tuturan tidak langsung ditandai dengan dua bentuk tuturan, yaitu tuturan deklaratif dan introgatif. Kajian kesantuan ini dapat digunakan oleh guru sebagai tambahan materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, khususnya siswa kelas sepuluh. Guru dapat memanfaatkan kesantunan bertutur cutomer service dalam pembelajaran Kurikulum 2013 dengan KD 3.11 menganalisis isi struktur dan kebahasaan teks negosiasi dan KD 4.11 mengontrusksi teks negosiasi dengna memerhatikan isi, struktur dan kebahasaan. Kata kunci: Bank, cutomer service, kesantunan, linguistik, maksim, pragmatik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 73335438 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:19
Last Modified: 25 Oct 2017 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28877

Actions (login required)

View Item View Item