PENGARUH LARUTAN PERENDAM (PULSING) DAN JENIS LARUTAN PERAGA (HOLDING) TERHADAP MASA KESEGARAN BUNGA POTONG SEDAP MALAM (Polianthes tuberose L.) KULTIVAR ‛WONOTIRTO’

Faradillah Chairunnisa, 1114121084 (2017) PENGARUH LARUTAN PERENDAM (PULSING) DAN JENIS LARUTAN PERAGA (HOLDING) TERHADAP MASA KESEGARAN BUNGA POTONG SEDAP MALAM (Polianthes tuberose L.) KULTIVAR ‛WONOTIRTO’. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (617Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (383Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu kendala dalam peragaan bunga sedap malam adalah masa kesegaran yang pendek, maka diperlukan perlakuan larutan perendam (pulsing) dan larutan peraga (holding) untuk memperpanjang masa kesegaran bunga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh larutan pulsing dan jenis larutan holding terhadap masa kesegaran bunga potong sedap malam kultivar ‛Wonotirto’. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pascapanen Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada November 2015. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial (2x5) dengan 3x ulangan. Faktor pertama adalah larutan pulsing (P), meliputi p0 (larutan tanpa sukrosa) dan p1 (larutan sukrosa 15%). Faktor kedua adalah jenis larutan holding (H), meliputi h0 (air); h1 (air + sukrosa 4% + asam sitrat 2% + AgNO3 20 ppm); h2 (air + sukrosa 4% + vitamin C 50 ppm + AgNO320 ppm); h3 (air + sukrosa 4% + asam sitrat 2% + NaClO 20 ppm); dan h4 ( air + sukrosa 4% + vitamin C 50 ppm + NaClO 20 ppm). Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian larutan pulsing memberikan hasil yang sama terhadap jumlah total bunga mekar, bunga layu, bunga rontok, bunga layu dan rontok, dan vase life bunga; pemberian larutan holding berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali jumlah total bunga mekar. Jenis larutan holding h4 sama baiknya dengan h1 dalam memperpanjang vase life selama 1-2 hari, menjadi 8,33 hari; dan pengaruh larutan holding terhadap kesegaran bunga potong sedap malam tidak dipengaruhi oleh larutan pulsing. Kata kunci: holding, pulsing, sedap malam kultivar ‛Wonotirto’.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 63134213 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:45
Terakhir diubah: 25 Oct 2017 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir